Rabu, 14 Agustus 2019

TEKNIK TEKAN AWETKAN KEMBANG

TEKNIK TEKAN AWETKAN KEMBANG
Alat dan bahan

Bunga segar sesuai keinginan,
Kardus, absorsing paper (bisa juga pakai kertas roti, kertas tempura, atau kertas yang biasa digunakan untuk menulis kaligrafi jepang), koran, alat penjelipit atau buku tebal, kertas karton,gambar, atau foto yang ingin dihias, pigura, lem PVA, 
CARA MEMBUAT, 



1.tumpuk secara berurutan kertas kardus, kertas koran, lalu kertas roti. Diatas kertas roti, letakkan kelopak bunga segar yang ingin di pressed. Anda bisa meletakkan kelopak secara utuh sesuai bentuk asli atau memetik satu per satu kelopaknya dan menyusunnya diatas kertas roti

2. Setelah bunga disusun, tumpuk dengan kertas roti lagi. Kemudian koran dan kertas kardus.
3. Lapisan bunga dan kertas itu perlu ditekan dengan kuat agar kelembapan dalam bunga bisa terserap. Amelie biasa menggunakan alat penekan yang terbuat dari kayu buatannya sendiri. Jika tidak ada, gunakan benda yang berat. Misalnya buku tebal, pastikan ukurannya sama dengan ukuran kardus dan kertas lain. 

4. Biarkan bunga ditekan selama dua hingga tiga pekan. Cek kelembapan kertas koran dan absorbing paper tiap dua atau tiga hari sekali. jika kertas terasa lembap, ganti dengan yang baru. Jika bunga belum kering dalam waktu tiga pekan, tunggu hingga benar benar kering.
5. Bunga yang sudah kering bisa disusun diatas kertas, tempelkan dengan menggunakan lem PVA, lalu letakkan didalam pigura. Atau bisa juga menjadi penghias foto yang sudah dicetak.

Her favorite flowers
PEONY

Karena bunga ini cantik, elegan dan natural. Bentuknya agak mirip mawar. Tapi punya lebih banyak kelopak. Tidak ada peony yang tumbuh di indonesia karena hanya bisa di cuaca dingin.
HIDRANGEA

bunga ini termasuk yang mudah di pressed. Benar benar cantik. kali terakhir aku nge-pressed hydrangea berwarna biru dan sampai sekarang warnanya masih biru dan bagus. Tidak berubah.
KAMBOJA

frangipani (kamboja,red) juga bagus. Tapi, termasuk yang susah di pressed karena sangat moist. Butuh waktu cukup lama agar kering sempurna.
BUGENVIL

punyak banyak warna yang cantik dan mudah di pressed. Bisa di pressed dengan meletakkannya diatas, samping atau melepas satu per satu kelopaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar